12 April 2014

Sei Bakau, Si Pantai Berair Coklat

Hai, udah lama banget gue gak nulis, kalo dibilang karena sibuk sih gak juga, mungkin lebih tepatnya lagi dalam fase malas akut. Yak buat ngelemesin jari dan otak yang udah lumayan lama gak dipake buat bikin rangkaian kata-kata untuk menjadi sebuah cerita, gue mau nulis tentang pengalaman traveling ke Pantai Sei Bakau karena beberapa minggu yang lalu baru aja gue dari sana.

Sebenarnya bukan murni traveling sih tapi dalam rangka acara gathering sebuah komunitas yang gue ikutin, tapi anggap aja sambil menyelam minum cappucino. Gathering dapet, traveling dapet.

Perjalanan menuju Sei Bakau


Pantai Sei Bakau
Namanya Pantai Sei Bakau yang letaknya di Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah. 

Apa! Kalimantan Tengah punya tempat wisata? Mungkin selama ini orang-orang taunya kalo Kalimantan Cuma punya kepulauan Derawan atau Taman Nasional Tanjung Puting. Nah inilah salah satu tujuan gue nulis tentang pantai sei bakau, gue mau ngasih tau penduduk Bumi kalo Kalimantan itu gak Cuma Derawan dan Tanjung Puting. Masih banyak tempat wisata di Kalimantan yang gak kalah cakep dari kepulauan Derawan dan Tanjung Puting.

Pantai Sei Bakau
Sei adalah sebutan lain untuk sungai, pantai sei bakau terletak di muara sungai yang didominasi oleh pohon bakau. Maka dari itu pantai ini dinamakan pantai sei bakau. Pantai sei bakau dihiasi oleh pasir pantai yang putih dan rindangnya pepohonan kelapa yang berjejer rapi bagaikan anak pramuka yang sedang latihan panjat pinang. Yang unik dari pantai sei bakau adalah airnya yang berwarna coklat khas sungai Kalimantan, warna coklat ini berasal dari akar-akar gambut. Di pantai sungai bakau juga terdapat sebuah pulau kecil yang dinamakan pulau cemara karena di pulau tersebut banyak ditumbuhi oleh pohon cemara. Ya iya, kalo banyak ditumbuhi pohon cabe pasti nama pulaunya pulau cabe...cabean.

Pantai Sei Bakau

Pantai Sei Bakau
Fasilitas yang ada di pantai sei bakau sudah terbilang cukup lengkap, tak usah takut kelaparan saat disana karena sudah banyak pedagang-pedagang yang menjual makanan. Terdapat juga pondokan bagi yang mau menginap disini. Fasilitas kamar mandi pun sudah tersedia lengkap buat yang suka main air di pantai gak usah takut kebingungan mencari tempat untuk membilas tubuh sehabis bermain.

Pondokan yang Dapat Disewa
Nah gimana akses untuk mencapai pantai sei bakau? Ada dua alternatif yaitu melalui Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur atau melalui Kuala Pembuang, Kabupaten Seruyan. Oh iya, tidak ada kendaraan umum yang menuju pantai sei bakau, jadi satu-satunya pilihan adalah menggunakan kendaraan pribadi.

Alternatif pertama melalui Sampit, kita  akan menempuh waktu perjalanan darat sekitar 3-4 jam untuk dapat sampai di pantai sei bakau. Jangan khawatir akan bosan diperjalanan karena pemandangan di kanan dan kiri sangat memanjakan mata dengan ribuan pohon kelapa dan yang kemudian akan berganti dengan pemandangan padang sabana yang sangat luas, dan hijau tentunya. Sebelum sampai di pantai sei bakau kita akan mendapat bonus yaitu pantai ujung pandaran yang tidak kalah cantik. Tapi karena sekarang gue nulis tentang pantai sei bakau, jadi kita skip dulu tentang pantai ujung pandaran.

Alternatif kedua melalui Kuala Pembuang, sama seperti jika melalui Sampit. Dari Kuala Pembuang juga tidak ada kendaraan umum yang menuju pantai sei bakau, jadi pilihan satu-satunya adalah menggunakan kendaraan pribadi. Waktu tempuh dari Kuala Pembuang menuju pantai sei bakau jauh lebih cepat daripada jika melalui Sampit, karena jika dari Kuala Pembuang kita hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk dapat sampai di pantai sei bakau.

Nah itu adalah dua alternatif cara untuk menuju pantai sei bakau. Bagaimana dengan cost atau biayanya? Menurut gue sih relatif ya, jika memiliki kendaraan pribadi tentunya akan jauh lebih hemat karena hanya mengeluarkan uang untuk biaya bahan bakar. Nah bagaimana jika tidak memiliki kendaraan? Come on bro, be smart backpacker. Cari kenalan yang punya kendaraan pribadi, kemudian tunggangi pemiliknya. Eh gak, maksud gue tunggangi kendaraannya.

Apakah pantai sei bakau ini layak dikunjungi? Menurut gue tempat ini layak banget buat dikunjungi apalagi buat pencintai pantai. Bosen kan liat pantai pasir putih yang airnya biru? Di pantai sei bakau kalian bakal liat pantai yang beda, pantai berpasir putih yang airnya coklat khas air gambut dan ribuan pohon bakau.

Mari kita explore Kalimantan lebih jauh lagi, ada banyak tempat indah yang belum banyak orang ketahui.

Oke segini dulu ya tulisan gue kali ini, tunggu cerita traveling gue selanjutnya tentang tempat wisata lainnya di Kalimantan. See yaaaaa :D *salimin satu-satu*

Mau liat foto-foto perjalanan gue lainnya? Boleh banget follow Instagram gue @auliamuntaha 


No comments:

Post a Comment