10 April 2013

TYPO? Jangan Dibiarkan!

Apa itu TYPO, jadi menurut kamus bahasa asing yang pernah gue baca, kepanjangan dari TYPO adalah Typographical Error, yaitu kesalahan atau kekeliruan dalam penulisan suatu kata dan juga kalimat. Kadang kesalahan tersebut terlihat simple, tapi jangan salah, pada beberapa kata atau kalimat jika terjadi typo maka hancurlah sudah artinya. Misalkan kaya gini contohnya typo yang menghancurkan arti kalimat : " Hai kayang, asu udah di depan rumahmu nih :). Maksud dari kalimat tersebut adalah : Hai sayang, aku udah di depan rumahmu nih :)"
Gak enak kan bacanya? yakali ada asu kayang.

Mungkin typo bisa dimaklumin kalo..

kita ngelakuinnya hanya di media sosial yang kadar keseriusannya patut dipertanyakan, tapi kalo ngelakuinnya di Tugas Akhir? surat negara? surat ijin bolos sekolah? siap-siap aja di corat-coret.

Jadi gimana cara buat menyembuhkan typo? Bukan menyembuhkan sih, mungkin lebih tepatnya meminimalisir, soalnya setiap manusia pasti pernah ngelakuin kesalahan dan typo termasuk salah satu kesalahan yang dilakukan manusia. Nah ada beberapa cara yang biasanya gue pake buat meminimalisir kesalahan dalam penulisan atau typo, berikut caranya :

Yang pertama adalah usahakan pada saat menulis atau mengetik, jari, mata, dan otak dapat bekerja sama dengan baik selayaknya keluarga bahagia. Karena typo sering terjadi gara-gara salah satu dari mereka tidak berkonsentrasi dengan baik, misalnya pada saat jari mengetik tapi mata sibuk ngeliatin paha-paha kimcil yang pake celana gemes. Niatnya pengen nulis "semoga mereka segera pulih" jadi ketulis "semoga mereka segera putih".

Yang kedua, baca ulang setiap tulisan yang udah kalian tulis/ketik. Baca sampai kalian yakin bahwa tidak ada kesalahan pada tulisan tersebut, kalo udah dibaca ulang tapi tetep ada tulisan yang salah. Itu namanya nasib, udah terima aja.

Yang ketiga, perbanyak latihan menulis/mengetik. Anak semester akhir yang lagi skripsi biasanya jago nih ngetik 10 jari, sakin jagonya tangan kanan ngetik skripsi, tangan kiri main PES. Sekarang banyak game yang bisa melatih kita buat ngetik cepet, googling aja banyak kok.

Mungkin ini dulu yang bisa gue tulis, otak mentok disini doang soalnya. Bye...

No comments:

Post a Comment