25 June 2013

Cara Membuat Penomoran Halaman Berbeda pada Satu Dokumen

Berhubung cukup banyak yang menanyakan cara membuat penomoran halaman berbeda pada satu dokumen misalnya ada nomer halaman romawi dan nomer halaman biasa, jadi mending gue tulis di sini biar banyak yang bisa baca. Cara ini gue terapin pada Ms.Word 2007, kalo untuk Ms.Word 2003 ke bawah gue kurang tau. Di sini ada 6 langkah yang gue pakai, langsung aja ke langkah yang pertama : 

1. Oke langkah pertama adalah klik menu Page Layout --> Breaks --> Next Page. Maka akan muncul halaman selanjutnya

yaitu halaman kedua. 




2. Letakan kursor pada halaman pertama kemudia klik menu Insert --> Page Number --> Format Page Number. Setelah itu akan muncul pilihan untuk jenis penomoran halaman apakah dalam bentuk romawi, huruf atau angka. Kita coba terlebih dahulu membuat penomoran menggunakan angka romawi. Pilih jenis penomoran romawi i,ii,iii pada pilihan Number Format, kemudian Pilih Start at i dan klik OK.



3. Setelah itu pilih posisi penomoran halaman yang kalian inginkan, mau di atas, di bawah, di samping, di belakang, terseraaaaaah. Bebas pokoknya. Caranya klik Insert --> Page Number --> Pilih posisi yang kalian suka. Kemudian akan muncul menu Headers & Footer Tools, Design, berikan tanda centang pada  pilihan Different First Page.



4. Kemudian letakan kursor pada halaman kedua, sudah? Oke setelah itu klik lagi Insert --> Page Number --> Format Page Number. Setelah itu pilih penomoran halaman menggunakan angka biasa 1,2,3 dan klik OK.




5. Next, Seperti pada halaman sebelumnya, pilih posisi penomoran halaman yang kalian inginkan. Klik menu Insert --> Page Number --> Posisi halaman yang kalian inginkan.



6. Jrengggg jrennngg dan inilah hasilnya



Oke sekian sedikit tips yang bisa gue bagi.
Bagaimana? Berhasil gak? Semoga bermanfaat, apalagi yang lagi pada ngerjain laporan. Semangat! 

1 comment:

  1. makasih banyak buat infonya, sangat bermanfaat sekali

    http://goo.gl/ne0rFV

    ReplyDelete