19 July 2013

Masalah Mendewasakan Kita

Ada yang belum pernah berhadapan dengan masalah atau mendapat masalah? Pasti udah pada pernah semua kan? Ya makhluk hidup tidak akan pernah bisa jauh dari yang namanya masalah, apapun bentuknya, seberapa pun besarnya, bagaimana pun rumitnya, masalah bakal selalu ada di dekat kita. 

Makhluk hidup dan masalah itu udah kaya Romeo dan Juliet, gak bisa terpisah. Sejak dari bayi pun gue rasa kita sudah langsung berhadapan dengan masalah, misalnya masalah buang air, masalah tidur, masalah ini lah itu lah. Ada masalah yang disengaja, ada juga yang gak disengaja. 

Kenapa gue bilang makhluk hidup? Ya karena hewan dan tumbuhan pun juga memiliki masalah, hewan kadang bermasalah sama pencernaannya, tumbuhan bermasalah dengan proses penyerbukan dan lainnya.

Lalu gimana dong kalo lagi ada masalah? Apa yang harus kita lakuin? Haruskah cinta lari ke hutan lalu memecahkan gelas biar ramai? Ataukah Rangga mengejar cinta lari ke hutan lalu ikut-ikutan mecahin gelas biar makin ramai? Atau kita harus lari dari masalah? Oke mari kita bahas langkah demi langkah gimana cara mecahin atau nyelesaiin suatu masalah. Ini sih pendapat gue pribadi, jadi ya bebas mau setuju apa enggak :D

Santai
Iya santai, jangan panik. Pemecahan suatu masalah itu butuh mikir, panik Cuma bakal bikin otak gak jalan. Coba santai, tetap tenang, kita harus percaya kalo setiap masalah ada jalan keluarnya. Walau kadang jalan keluarnya gak sesuai dengan yang kita mau. Coba pikir kenapa bisa sampai dapat masalah? Gunakan rumus ada sebab ada akibat. Atau mungkin gunakan logika karma, ya walaupun  gue gak percaya sama yang namanya karma tapi gue selalu nyoba ngehormatin orang yang percaya karma itu ada.

Bicarakan Baik-baik
Bicarakan baik-baik biar masalahnya jelas, gak ngegantung kaya jemuran kolor kang Usman. Kebanyakan orang jaman sekarang lebih milih cara “kasar” buat nyelesaiin masalah. Padahal katanya jaman modern, jaman teknologi maju, tapi kok nyelesaiin masalah dengan cara kekerasan kaya orang barbar. Kalo kita ngerasa sebagai orang yang pintar, berpendidikan, coba selesaikan masalah dengan cara baik-baik.

Cari Jalan Keluar
Udah santai? Udah tau sebab masalahnya? Udah bicara baik-baik? Oke mari temukan jalan keluar. Gimana cara jalan keluarnya? Ya macem-macem, tiap orang punya jalan keluar masing-masing untuk masalah yang dihadepinnya. Jalan keluar orang pacaran beda dengan jalan keluar orang yang udah nikah, orang yang masih pacaran sukanya keluar di luar orang udah nikah sukanya di dalam. Iya orang pacaran kan seringnya keluar rumah, nonton, nongkrong atau kemana gitu, kalo orang udah nikah mah enakan di rumah, selain hemat juga hangat. Oke-oke ayo fokus -__-

Lakukan
Udah ketemu jalan keluar? LAKUKAN. Praktikan langsung di lapangan, urusan gagal atau berhasil itu belakangan. Tuhan suka dengan orang yang mau berusaha kan?

Terima Kenyataan, Memaafkan, dan Ikhlas
Udah usaha? Udah nyoba? Gagal? Ya pilihan paling tepat sekarang adalah TERIMA KENYATAAN. Gimana bisa caranya nerima kenyataan kalo kita masih belum bisa menerima kenyataan itu? MEMAAFKAN. Gimana caranya bisa memaafkan kalo kita masih belum bisa maafin? IKHLAS. Gimana bisa ikhlas kalo kita belum bisa ikhlas? GUE TABOK JUGA LO! 
Kadang bukan masalahnya yang ribet, tapi manusia-nya yang bikin masalahnya jadi ribet. 
Kadang bukan masalahnya yang gak bisa diselesaiin, tapi manusia-nya yang gak mau nyelesaiin. 
Bukan kah segala sesuatu yang dikerjakan akan selesai? Contohnya Skripsi. *ditabok beneran*

Apakah lari dari masalah adalah sebuah pilihan? Menurut gue IYA. Tapi itu pilihan buat orang-orang pengecut.

Kalo yang pada suka nonton Doraemon mungkin pernah denger ayahnya Nobita ngomong gini :

 “Pria sejati tidak lari dari masalah, mereka menabrakan dirinya    kepada masalahnya”.

Tapi menurut gue bukan pria aja, wanita juga harus menabrakan dirinya pada masalahnya, hadapi, selesaikan.

Pada percaya kan kalo Tuhan gak bakal menguji lebih dari kemampuan umatnya? Kalo percaya, kita juga harus percaya kalo semua masalah pasti ada jalan keluarnya.

Selalu berpikir positif aja, semua masalah yang pernah kita hadepin adalah pelajaran. Sekarang tergantung diri masing-masing dapat menyerap ilmu dari masalah yang pernah dihadepin atau enggak. Sama kaya pengalaman, pengalaman adalah guru yang paling tokcer. 

Ada pepatah yang bilang...
"cuma keledai yang jatuh dua kali di lubang yang sama"
Kenapa gitu? Ya karena manusia makhluk hidup yang pinter, makhluk hidup yang bisa belajar dari pengalaman supaya gak jatuh ke masalah yang sama buat kedua kalinya.

Ya memang mungkin semua gak semudah yang kaya gue tulis di sini, semua butuh waktu, butuh proses. Tugas kita cuma menjalani, berusaha, daaaaaaaaan nikmati setiap prosesnya. Jangan lupa juga dipelajarin dan dijadikan pengalaman biar gak keulang lagi dilain waktu.

Yak! Segini aja yang bisa gue tulis dan share kali ini. Makasih buat yang udah baca dan mampir :D


2 comments:

  1. Hai,
    Tiba-tiba saja nemu blog-mu di google, dan ternyata apa yang kamu tulis menginspirasi sekali :)
    Kurasa kamu sedang sibuk skripsi ya? Atau malah sudah selesai? Semangat ya dengan skripsinya ^_^

    Salam kenal.
    Dewi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga
      Alhamdulillah sudah wisuda. hehe

      Delete