02 July 2013

Gadget Bikin Ngumpul Jadi Tumpul

Gue mulai dulu dari sedikit pendahuluan yang sedikit membosankan. Di era perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat ini, komunikasi jarak jauh semakin dimudahkan dan dimanjakan dengan banyak hadirnya bla bla bla blaaaaa............... Udah kaya Bab pendahuluan tugas kuliah aja. Kalo di Skripsi Bab pendahuluan itu masuk Bab I, jadi btw yang lagi pada Skripsi udah sampai Bab berapa? *ditabok* 

Oke mending kita skip sebelum ini semua jadi benar-benar membosankan dan menjengkelkan.

Zaman sekarang makin banyak gadget canggih, ada PC Tablet, smart phone, smart camera dan banyak lagi lainnya. Seharusnya dengan semakin canggihnya gadget semacam smart phone, si pemakai juga harusnya makin smart, harusnya.

Balik ke judul “Gadget Bikin Ngumpul Jadi Tumpul”, jadi gue kepikiran buat nulis artikel ini gara-gara kejadian di dunia nyata yang sering gue liat ataupun gue rasakan sendiri. 



Gue ngerasa zaman sekarang ngumpul-ngumpul atau kongkow-kongkow berasa hambar, kenapa? Soalnya kalo lagi pada ngumpul hampir sebagian atau semua yang lagi pada ngumpul di situ sibuk sama gadgetnya masing-masing, main sosial media semacam twitter, facebook, friendster, mirc, skype, ym dll. Padahal niat awalnya ngumpul supaya bisa interaksi secara langsung, curhat, ketawa bareng, kangen-kangenan, melepas rindu yang telah lama terpendam namun tak berani mengungkapkan. Tsaaaaaah mulai gak fokus -__-


Si kampret lagi pada sibuk

*Fokus-fokus* Bukan gadgetnya yang salah, tapi pemakainya. Hampir sama kaya aturan orang pacaran, cewek gak pernah salah, cowok yang selalu salah. Kaya aturan di jalan juga, kalo mobil tabrakan sama motor, mobil yang selalu salah walaupun sebenernya mobilnya diem trus motornya nabrak dari atas. Entahlah itu aturan siapa yang bikin.

Oke gue akuin kadang juga gue sibuk sama gadget sendiri, tapi itu kadang, gak sering, suer. Itu juga gara-gara yang lain pada sibuk sama gadgetnya sendiri, ya masa gue ngobrol sama meja sama gelas. Tapi kalo pas lagi megang gadget, gue lebih sering ngelakuin sesuatu yang gak penting misalnya buka tutup kotak pesan, buka tutup tombol kunci, buka tutup kotak masa lalu, buka tutup warung, intinya sekedar megang doang. Sesekali update tweet, sekalian mantau temen yang lagi pada modusin adek angkatan.

Sedikit pembanding, bule-bule yang sering gue liat di bandara atau pusat perbelanjaan, megang gadget entah itu tablet PC atau smartphone, sebagian besar dari mereka memang sibuk dengan sesuatu yang berbau serius kaya cek email (mungkin kerjaan), ngerjain laporan. Ya mungkin ada lah juga yang sekedar main-main, online sosial media dan sejenisnya. 

Tapi orang pribumi yang sering gue liat, kalo megang tablet PC dan sejenisnya cuma sibuk sama game, angry birds, game yang motong-motong buah itu apa namanya? Ninja apa gitu, trus yang lari dikejar-kejar kingkong itu juga lupa gue namanya apa. Maklum di gadget gue gak ada game begituan, RAM nya gak kuat kak -__-

Dari situ keliatan mana smart gadget with smart user, dengan smart gadget with......ah gak enak gue nyebutnya. Intinya sih dari apa yang gue tulis di sini, bukan gadgetnya yang salah, bukan cewek juga yang salah soalnya cowok yang selalu salah. *gak fokus lagi kampret*

Jadi semua kembali pada individu masing-masing, individu yang pintar membedakan kapan harus sibuk dengan alat canggih semacam robot, kapan harus sibuk dengan dunia nyata. Semua orang punya hak mau ngapain aja, tapi ya emangnya enak kalo ngumpul-ngumpul sama temen tapi interaksinya tetep lewat sosial media padahal lagi pada duduk sampingan?

Think smart. 

Segini dulu yang bisa gue tulis, kalo tulisan gue enggak bermanfaat, ya paling enggak bisa menghibur. Makasih buat yang udah mampir buat baca :D


 (gambar di atas cuma sekedar ilustrasi, gue ambil dari kak google)

1 comment: