31 December 2012

Positif Thinking Itu....Luar Biasa

Pikiran gak jelas arahnya, melayang kesana kemari kaya butiran debu. Tiba-tiba pengen nulis soal "positif thinking". Susah memang berpikir positif, tapi bukan berarti gak bisa. Yang paling susah adalah positif thinking pada orang yang udah duluan kita pandang buruk, padahal belum tentu sepenuhnya tingkah laku dia buruk. Mungkin kita kurang mengenalnya aja.



    .... "Bahkan gue rasa seorang penjahat kelas kakap pun juga memiliki sisi positif".


Semua hal negatif dimata kita sebenarnya mungkin juga bisa menjadi hal yang positif jika kita mau berpikir lebih jauh. Misalnya? putus sama pasangan yang bener-bener lo sayang, yah mungkin diluar sana sudah ada orang lain yang disiapin buat lo, orang yang lebih baik...mungkin. Dan mungkin juga diluar sana ada orang yang lebih baik untuk dia. Jika bisa berpikir kaya gini bukankah enak? gak perlu lagi pikiran lo dibebanin dengan asumsi negatif seperti : kayanya dia selingkuh deh, kayanya dia bosen sama gue, kayanya dia inilah itulah...

Nah sisi baik yang kita dapat? mungkin kita jadi bisa berkaca, apa sih yang kurang dari sikap gue? Oh iya gue harus perbaikin sesuatu yang kurang itu..

Contoh lain mungkin gue ambil dari diri gue sendiri, gue tau tulisan-tulisan gue masih jelek, kurang berbobot, kurang terkonsep, tapi setidaknya gue ganteng. Eh gak ding bukan itu, setidaknya gue berani buat memposting tulisan yang udah gue buat walaupun jelek. Positif thinking aja mungkin dari seribu orang yang gak suka tulisan gue, ada 1 orang yang suka. Bukan salah mereka gak suka tapi salah gue yang gak bisa menulis sesuatu yang mereka suka. Artinya gue harus bisa nulis lebih baik lagi. Cuma kadang ya namanya manusia pasti punya emosi yang susah dikontrol, kadang gue mikir "Emangnya lo bisa nulis apa? bisanya cuma ngomentarin orang. Mana karya lo?" kadang kepikiran kaya gitu sih tapi pikiran gue yang lain berontak, mereka bilang "Kalo gak ada mereka yang ngomentarin negatif kaya gitu, darimana lo bisa tau tulisan lo bagus atau jelek ul?". 

      ... "Yang kita lihat negatif ternyata belum tentu negatif".

Mengutip perkataan salah seorang senior gue "Gak usah marah kalo kalian dikatain anjing, coba berpikir positif aja. Anjing itu kalo mati masuk surga. Sifat dari anjing juga bagus, mereka binatang yang setia, mereka patuh pada majkannya. Coba terapkan dikehidupan kita, majikan kita atau orang yang memiliki kita adalah Allah. Patuhlah akan perintahnya, jangan membangkang".

Oh iya satu lagi, di zaman yang modern ini. Zaman sosial media, zaman orang-orang kelihatan dekat di dunia maya tapi canggung di dunia nyata. Jangalah men-judge orang hanya dari tulisannya di dunia maya, coba kenali dulu lebih dekat. Jangan buru-buru berpikir negatif jika masih bisa berpikir positif. Ada orang yang lebih nyaman mengobrol atau menyampaikan idenya melalui tulisan di dunia maya, via chat, via sosial media ataupun lainnya. Kita gak bisa langsung men-judge dia seorang yang punya sisi berbeda diantara dunia nyata dan dunia maya, ya mungkin dia bisa nyaman dengan caranya yang seperti itu. Hargai..

Mungkin ini adalah postingan terakhir gue di tahun 2012. Terima kasih buat yang udah mampir dan baca-baca tulisan gue selama ini :) Selamat tahun baru kawan-kawan. semoga tahun 2013 bisa jadi lebih baik dengan resolusi yang lebih baik juga. Aamiin...

2 comments: